Stasiun Cikarang Memberikan Pilihan Transportasi Bagi Warga Bekasi

Stasiun Cikarang memberikan Pilihan Transportasi Bagi Warga Bekasi

Stasiun Cikarang memberikan Pilihan Transportasi Bagi Warga Bekasi – Stasiun Cikarang (CKR) merupakan stasiun kereta api kelas II yang berada di desa Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Stasiun ini mulai beroperasi sejak 17 September 2017, sehingga hampir setahun stasiun dan jalur kereta dari cikarang ini berjalan.

Mengacu pada data Kementerian Perhubungan, sebelum pembukaan rute Cikarang, jumlah rata-rata penumpang KRL Lintas Jakarta-Bekasi mencapai 75 ribu hingga 95 ribu. Sebanyak 1.300 penumpang diantaranya berasal dari Tambun. Sementara, Cikarang menyumbang 1.000 penumpang/hari. Angka tersebut merupakan data tahun 2017 yang saat ini tentu kian bertambah.

Stasiun Cikarang memberikan Pilihan Transportasi Bagi Warga BekasiStasiun Cikarang memberikan Pilihan Transportasi Bagi Warga Bekasi

Stasiun yang akan dilewati dari Jakarta Kota menuju Cikarang adalah Stasiun Jayakarta, Mangga Besar, Sawah Besar, Juanda, Gambir (tidak berhenti), Gondangdia, Cikini, dan Manggarai. Manggarai merupakan stasiun transit bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan KRL rute lainnya.

Dari Manggarai, KRL berlanjut melewati Stasiun Jatinegara, Klender, Buaran, Klender Baru, Cakung, Kranji, dan Bekasi. Dari Bekasi, ada 3 stasiun yang akan dilewati sebelum mencapai Cikarang. Stasiun tersebut adalah Bekasi Timur, Tambun, dan Cibitung.

Sedangkan dari Cikarang, stasiun yang sama akan dilewati KRL. Bila ingin transit, penumpang bisa turun di Stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai. Jatinegara merupakan tempat transit bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke Stasiun Senen. Sedangkan Manggarai adalah tempat transit bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke Bogor dan Tanah Abang.

Stasiun Cikarang memberikan Pilihan Transportasi Bagi Warga Bekasi

Pengalaman saya menggunakan kereta api rute cikarang-jakarta, penumpang masih di dominan warga tambun, mungkin ini disebabkan banyak masyarakat sudah terlanjur membeli rumah tinggal di daerah tambun semasa kereta hanya sampai stasiun bekasi kota.

Adanya penambahan jalut kereta sampai cikarang tidak menutup kemungkinan sebaran tempat tinggal akan berkembang sampai cikarang atau bahkan sampai karawang.

Semoga penambahan panjang rute kereta api ini diimbangi dengan penambahan jumlah kereta dan penambahan jalur rel menjadi double double track sehingga penumpukan penumpang di jam-jam padat dan kecepatan kedatangan kereta di stasiun akhir cikarang atau stasiun kota dapat ditingkatkan.

BACA JUGA : Mampir ke Soto Betawi Haji Husein di Daerah Manggarai Jakarta Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *