Mampir ke Soto Betawi Haji Husein di Daerah Manggarai Jakarta Selatan

Mampir ke Soto Betawi H Husein di Daerah Manggarai Jakarta Selatan

 

Mampir ke Soto Betawi Haji Husein di Daerah Manggarai Jakarta Selatan – Kalo ke Jakarta Selatan khususnya ke daerah Manggarai, jangan lupa sempatkan mampir ke soto betawi H Husein. Soto betawi H Husein ini sudah terkenal sejak lama sebagai soto betawi yang cukup lezat di DKI Jakarta. Harga ya masih terbilang cukup terjangkau untuk kelas makanan sejenis di Jakarta.

Mampir ke Soto Betawi H Husein di Daerah Manggarai Jakarta Selatan

Soto Betawi Haji Husein-Saya dan keluarga menyempatkan mampir karena belum sarapan.Perjalanan dari cikarang pagi-pagi sekali untuk menghindari macet ternyata malah kepagian sudah sampai di tempat yang dituju.Padahal ada 2 acara di hari itu, yang satu di pagi hari dan satunya di siang hari.

Setelah menyelesaikan acara yang pertama ternyata masih cukup lama tenggat waktu ke acara kedua.Waktu ini kami manfaatkan untuk mencari sarapan dulu yang kira-kira jarang ditemukan di cikarang. Akhirnya saya teringat ada warung soto yang cukup terkenal enak didekat lokasi kami berada saat ini, kebetulan kami sedang berada di area petojo. Kami pun segera meluncur ke TKP.

Mampir ke Soto Betawi H Husein di Daerah Manggarai Jakarta Selatan

Mampir ke Soto Betawi Haji Husein di Daerah Manggarai Jakarta Selatan

Soto Betawi Haji Husein-Waktu belum menunjukan pukul 8 pagi ternyata tempat tersebut telah dipenuhi orang yang sedang makan. Ya meskipun agak sedikit kesal menunggu lama dan juga beberapa kali dilewati yang datang belakangan. Rasa soto memang lumayan lezat ditambah dengan berbagai jeroan yang bisa kita pilih, cukup puas untuk menambah kolesterol hehe

Lokasi soto betawi H Husein terletak di Jl. Padang Panjang No. 6C Pasar Manggis Setiabudi Jakarta Selatan DKI Jakarta, RT.8/RW.8, Ps. Manggis, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12850

Map Lokasi sebagai berikut :

 

Sebenarnya warung yang berdiri sejak tahun 1988 ini terlihat biasa saja. Dindingnya dicat serba kuning. Sebagai tempat makan, disediakan delapan meja panjang. Sumber pendingin udara hanya beberapa kipas angin saja yang ditempel di dinding.

Dari artikel yang saya baca dari Kompas.com, Husen pemilik warung soto ini menuturkan bahwa usaha dagang soto betawi yang digelutinya saat ini adalah usaha turun-temurun dari almarhum Kaiban, ayahnya.

Dikisahkan Husen bahwa ayahnya sudah berdagang soto betawi di kawasan Manggarai sejak sekitar tahun 1940-an. Husen adalah generasi keempat yang meneruskan usaha dagang soto tersebut. “Setelah bapak saya, dua kakak saya yang melanjutkan usaha ini. Kemudian menurun ke saya sejak tahun 1964 hingga saat ini,” ujar pria asli Pasar Rumput ini.

Kini ia menetap di daerah Beji, Depok. Semula warung soto yang dikelola oleh Kaiban, ayah Husen, terletak di Jalan Minangkabau, Manggarai. Warung soto terseut kemudian pindah pada tahun 1960 ke Jalan Padang, masih di wilayah Manggarai, hingga tahun 1970. “Setelah berdagang di Jalan Padang selama 15 tahun, sekitar tahun 1985 warung pindah ke Jalan Sultan Agung, juga di kawasan Manggarai, dan terakhir pindah ke warung ini tahun 1989 hingga sekarang,” ujar Husen.

Dikisahkan Husen bahwa ayahnya sudah berdagang soto betawi di kawasan Manggarai sejak sekitar tahun 1940-an. Husen adalah generasi keempat yang meneruskan usaha dagang soto tersebut.

 

Meski tempat serba sederhana, tapi dalam hal rasa, luar biasa. Pengunjung bebas memilih soto sesuai selera. Mau soto daging, paru, atau campuran daging dan jeroan. Bila ingin porsi lebih besar, Anda bisa memesan menu soto istimewa dengan porsi 1,5 kali porsi biasa .

BACA JUGA :  Kursus Bisnis Online di Jakarta Pusat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *