Kerukunan Masyarakat dan Gotong Royong Ciri Budaya Indonesia

Test

Peringatan kemerdekaan RI tanggal 17 agustus biasa dijadikan ajang bagi masyarakat Indonesia di lingkungan tempat tinggal masing-masing untuk menciptakan kerukunan antar warganya. Pertandingan, bagi-bagi hadiah, kumpul makan bareng biasa dilakukan terutama di lingkungan tempat tinggal saya, kebetulan saya tinggal dipinggiran kota di cikarang hehe.

Kerukunan merupakan keinginan dasar setiap manusia. Kerukunan bisa diwujudkan dalam sikap saling tolong menolong, gotong royong, toleransi, tidak saling bermusuhan dan saling menjaga satu sama lain.

Dijaman globalisasi terutama di perkotaan, kerukunan hidup bertetangga sepertinya sudah mulai pudar. Antar tetangga tidak saling membantu dan mengenal. Apakah kerukunan diantara manusia itu dapat diciptakan lagi? Jawabnya kembali ke manusia itu sendiri. Kalau alam semesta beserta isinya dapat bersinergi secara harmonis, tentunya demikian juga dengan manusia.

Ada 4 (empat) hal yang harus dijalankan agar kehidupan manusia itu rukun dan harmonis. Singkatnya kerukunan itu dapat diciptakan melalui 4 (empat) aspek: kerukunan dalam rumah tangga, kerukunan dalam beragama, kerukunan dalam bermasyarakat dan kerukunan dalam berbudaya. Sinergi dari keempat aspek tersebut yang akan membuat kerukunan antar manusia bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *