Indonesia Menggandeng Alibaba Untuk Pengembangan E-Commerce

Indonesia akan menggandeng perusahaan raksasa Cina Alibaba untuk pengembangan industri e commerce di dalam negeri dan juga pengembangan industri kita di negara Cina.

Menko perekonomian Darmin Nasution tampak berbincang dengan Jack Ma untuk membahasa berbagai strategi pengembangan ini.

Jack Ma diundang dalam rapat tahunan IMF dan World Bank di Bali untuk memberikan seminar terkait E commerce.

Industri digital marketing atau E Commerce saat ini sangat banyak diminati di seluruh dunia

Jack Ma merupakan orang kedua terkaya di Dunia. Nama aslinya Ma Yun. Terlahir dari keluarga Musisi dan Pencerita, dia berhasil membuat situs E Commerce Alibaba yang telah terkenal diselurh penjuru dunia. Siapa yang tak kenal situs alibaba dan hampir banyak orang di dunia menggunakannya untuk berbelanja.

Saat memasuki SD hingga SMP, Jack Ma harus melalui berkali-kali tes akademis karena tidak hebat secara kemampuan akademis. Pernah gagal dalam mendaftar kuliah di Unversitas ternama, akhirnya dia hanya kuliah di sastra Inggris di salah satu Universitas kelas 3 atau 4 di Hangzhou.

Ketika KFC mambuka gerai di Hangzhou, Jack Ma gagal untuk bekerja disana bahkan ketika mendaftar menjadi Polisi pun gagal. Kegagalan demi kegagalan selalu menjadi bagian dari hidupnya.Akhirnya dia mengajar dan membuka kursus bahasa Inggris di Hangzhou.

Semasa kuliah, ia coba memperdalam kemampuan bahasa Inggris sebagai pemandu turis gratis. Dengan menggunakan sepeda, ia menghampiri hotel yang ramai turis untuk mempraktikkan ilmunya. Dari pekerjaannya ini, Jack memiliki sahabat pena yang kesulitan melafalkan nama Ma Yun sehingga kemudian memanggilnya ”Jack”.

Pada tahun 1999, bersama rekannya, ia merintis situs bernama Alibaba, yang mempertemukan pembeli dan penjual produk di seluruh dunia. Ia terinspirasi situs Amazon. Belajar dari situs lelang e-Bay, ia mendirikan Taobao. Pengaruh Google menginspirasinya menciptakan mesin pencari berbahasa Mandarin.

Tak mudah pada awalnya, Alibaba tak menghasilkan uang di tiga tahun pertama. Namun, Jack tetap optimistis akan hasil besar dan percaya bahwa ini hanya soal waktu saja.

Alibaba menawarkan saham perdana di Bursa Saham New York pada September 2014 dan meraih modal terbesar dalam sejarah. Akhirnya Nama Jack meluas dan mendunia.

Itulah sekilas terkait pembangunan E-Commerce dan pembelajaran dari perjalanan menuju sukses Jack Ma. Semoga dengan bekerjasama dengan Jack Ma maka perekonomian di Indonesia semakin maju dan modern.

BACA JUGA : Contoh-Contoh Bisnis Online Android Yang Paling Menguntungkan Terkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *