Empal Gentong Haji Apud Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon

Empal Gentong Haji Apud Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon

Empal Gentong Haji Apud Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon – Cirebon adalah salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini berada di pesisir Utara pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya.

Cirebon dikenal sejak awal mata pencaharian sebagian besar masyarakat adalah nelayan, maka berkembanglah pekerjaan menangkap ikan dan rebon (udang kecil) di sepanjang pantai, serta pembuatan terasi, petis dan garam. Dari istilah air bekas pembuatan terasi yang terbuat dari sisa pengolahan udang rebon inilah berkembang sebutan cai-rebon (bahasa Sunda: air rebon), ini lah penyebab kota ini dinamai cirebon.

Ada banyak makanan Khas kota Cirebon seperti Nasi Jamblang, Sate Kalong, Nasi Lengko, Empal Gentong dan masih banyak lagi.

Empal Gentong Haji Apud Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon

Nah ngomong tentang makanan Khas Cirebon, Empal Gentong adalah satunya yang cukup terkenal. Ada Empal Gentong yang cukup terkenal di Cirebon dan telah memiliki beberapa cabang. Orang Cirebon pasti tahu seberapa ramai rumah makan ini, namanya rumah makan “Empal Gentong Haji Apud”. Setiap harinya rumah makan ini selalu ramai dipenuhi pengunjung dari berbagai kota di Indonesia hingga sering membuat jalan di sekitarnya macet.

Beberapa bulan yang lalu saya berkesempatan mendatangi rumah makan pusatnya Empal Gentong H. Apud yang bertempat di Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat.

Empal Gentong Haji Apud Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon

Kebetulan saya datang berkunjung saat makan malam. Sayangnya area parkir sangat kecil sehingga tidak dapat menampung kendaraan pengunjung yang membludak. Jadi parkir mobil memanfaatkan area pinggir jalan sekitar lokasi restoran. Ada petugas parkir yang mengatur dan mengarahkan.

Awal Berdiri Empal Gentong Haji Apud

Dikutip dari berbagai media, Empal Gentong H. Apud sudah berdiri sejak tahun 1994. Namanya mulai booming pada saat tahun 2010 setelah Pak Apud pulang dari ibadah Haji. Memang sedari dulu menu yang di jual tidak berubah yaitu empal gentong dan makanan-makanan khas Cirebon lainnya. .

Saat ini Empal Gentong H. Apud sudah memiliki dua cabang dan keduanya berada di Cirebon. Pusatnya terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat. Siap-siap saja untuk yang ingin mampir ke pusatnya atau cabangnya, teman-teman harus siap sabar, karena selalu ramai dipenuhi pengunjung.

Daftar menu kuliner

Untuk yang cabang satu yaitu bertempat di Jl. Tuparev No.43 B, Sutawinangun, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat dan sudah 6 tahun berdiri sedangkan untuk yang cabang dua ada di daerah Trusmi.

Semua dimasak di dapur yang sama

Semua Empal di rumah makan Empal Gentong H. Apud ternyata dimasak pada dapur yang sama yaitu berada di pusatnya. Jadi tiap cabang tidak mengubah rasa keasliannya dari dapur pertama” Tutur pak Husen disalah satu media.

“Kami bisa menghabiskan 900 mangkok empal setiap harinya sedangkan saat weekend dan hari libur Empal Gentong H. Apud  ini bisa menghabiskan 1.200 sampai 1.500 mangkok empal perharinya” tambah Pak Husen.

Dampak Pandemi bagi Rumah Makan

Tapi tetap tentu saja di masa pandemi juga sangat berdampak bagi Rumah Makan Empal Gentong H. Apud yang biasanya sangat ramai pengunjung. “Sempat mengistirahatkan beberapa pegawai untuk sementara pada waktu pandemi itu, tapi Alhamdulillah sekarang telah normal kembali dan mereka bisa kembali bekerja” Tambah Pak Husen.

Selain Empal Gentong banyak makanan khas Cirebon lainnya yang bisa di coba disini, diantaranya ada Nasi Lengko dan Tahu Gejrot selain itu ada juga menu lainnya yaitu Sate Kambing dan Es Duren.

Untuk teman-teman yang berada jauh dari Cirebon dan belum bisa mempir di Cirebon tenang saja, Empal Gentong H. Apud kini memiliki Empal instan kaleng yang bisa kalian beli melalu situs belanja online.

Empal Gentong Haji Apud Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon

Menurut Pak Hasan sendiri Empal instan kaleng tersebut sudah cukup laris di pasaran, bahkan banyak juga orang yang mencoba menjadi resseler untuk menjual Empal kalengan ini.

Setelah selesai berbincang dengan Pak Husen, saya juga berkesempatan menikmati menu-menu best seller disini yang wajib teman-teman coba.

Tentu saja “Empal Gentong H. Apud” menu utamanya adalah si Empal Gentong ini, wajib banget buat kalian cobain.

Empal Gentong umumnya adalah makanan yang mirip seperti gulai namun tentu bumbunya cukup berbeda. Di Cirebon sendiri banyak sekali rumah makan yang menyediakan menu Empal Gentong.

Rasa Empal Gentong di H. Apud ini memang beda daripada yang saya coba sebelum-sebelumnya, mungkin memang rahasia bumbu dapurnya yang membuat empal ini begitu nikmat. Untuk daging sapi nya sendiri disini tidak pelit, mereka menyajikan daging yang cukup untuk satu porsinya.

Untuk menambah tingkat kepedasannya kalian bisa atur sendiri dengan menambahkan bubuk cabe kering. Cabai kering memang sangat umum dipakai untuk menambah tingkat kepedasan Empal Gentong.

Untuk harga sendiri satu porsi Empal Gentong ini berkisar Rp.25.000 saja.

Lokasi Empal Gentong Haji Apud Pusat

Beralamat di Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45153

Nomor Telpon : (0231) 211055

Jam buka setiap hari jam 9 pagi sampai dengan 9 Malam.

Peta Menuju Lokasi

Nah bagi temen-temen yang sedang maen atau berlibur ke cirebon jangan lupa mencoba Empal Gentong Haji Apud ini.

Baca Juga : All You Can Eat Restoran Masakan Korea Selatan Mansae Hore