Penjelasan Fungsi Masker Kain, Masker Bedah & Masker N95 Bagi Virus

Penjelasan Fungsi Masker Kain, Masker Bedah & Masker N95 Bagi Virus

 

Penjelasan Fungsi Masker Kain, Masker Bedah & Masker N95 Bagi Virus – Saat ini masyarakat mungkin banyak bertanya-tanya terkait jenis masker yang ada dipasaran dan yang efektif mencegah penularan virus Covid 19. Ada beberapa masker yang saat ini sering dipergunakan yaitu masker kain, masker bedah, dan masker N95. Ternyata untuk virus tidak semuanya efektif terutama virus yang ukuran tertentu dan sangat kecil.

Imbauan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengenai penggunaan masker kain sekaligus larangan membeli masker bedah ataupun masker N95 memicu perdebatan. Alasannya, masker kain diketahui tidak begitu ampuh mencegah virus corona.

Baca Juga : Cordymune NASA Suplemen Herbal Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Dilansir dari Kompas. com, Dokter dari Departemen Pulmonologi serta Kedokteran Respirasi FKUI RSUP Persahabatan Erlina Burhan berikan uraian terpaut daya guna masker kain.

Bagi Erlina, masker kain kurang efisien buat menghindari penularan virus.Karena, kata dia, masker tersebut tidak dapat menahan percikan yang keluar dari mulut ataupun droplet seluruhnya.

” Jadi penangkalan keluarnya droplet dari batuk ataupun bersin itu pada pemakai jika yang dropletnya, beratnya besar ia dapat, tetapi jika dropletnya kecil tidak mampu tidak masker kain ini ya,” kata Erlina dikala konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta pada Rabu( 1/ 4/ 2020).

Penjelasan Fungsi Masker Kain, Masker Bedah & Masker N95 Bagi Virus

Erlina menarangkan, kemampuan filtrasi masker kain cuma sanggup menahan 10 hingga 60 persen partikel dengan dimensi 3 mikron. Masker kain, lanjut dia, juga tidak sanggup menahan partikel aerosol serta airborne ataupun partikel yang terdapat di udara. ” Masker kain ini apabila dalam kondisi terpaksa dapat dipakai, tetapi memanglah tidak sebaik seefektif masker bedah,” ucap ia.¬†Tetapi, pemakaian masker kain senantiasa mempunyai sebagian keuntungan, ialah dapat dipakai secara berulang.

Dia menegaskan saat sebelum dipakai berulang, masker kain wajib dicuci terlebih dulu.” Butuh dicuci dengan deterjen serta apabila perlu menggunakan air panas. Sebab deterjen serta air yang hangat itu dapat mematikan virus,” ucap Erlina.

Penjelasan Fungsi Masker Masker Bedah Lebih Efektif

Dibandingkan masker kain, masker bedah dijelaskannya 3 kali lipat lebih efisien buat menghindari penularan virus termasuk Covid- 19.

Erlina mengacu pada riset ilmiah di Inggris terkait efektivitas masker kain. “Kesimpulan dari riset ini, intinya ialah kalau pemakaian masker bedah ternyata lebih efisien 3 kali lipat dibanding masker kain ataupun masker buatan rumah,” ucapnya.

Penjelasan Fungsi Masker Kain, Masker Bedah & Masker N95 Bagi Virus

Erlina menarangkan, keahlian filtrasi masker bedah menggapai 30 hingga 95 persen partikel dengan dimensi 0, 1 mikron. Tetapi, dapat saja guna filtrasi masker bedah tidak berjalan dengan baik apabila terdapat kebocoran pemakaian.¬†” Paling utama dari samping kiri kanan sebab tidak seluruhnya sempurna dapat menutupi wajah,” ucapnya.

Walaupun lumayan efisien, Erlina menegaskan, pemakaian masker bedah cuma buat petugas kedokteran, orang yang lagi sakit, orang yang menjaga orang sakit ataupun orang yang terletak dalam kerumunan.

Penjelasan Fungsi Masker N95

Tidak hanya masker bedah, masker N95 pula dapat mencegah penularan virus melalui droplet. Masker N95 sanggup melaksanakan filtrasi pada partikel 0, 1 menggapai lebih 95 persen.

Kelebihan Masker itu juga tidak bakal bocor apabila digunakan dengan benar. Masker N95 juga dapat dipakai Berulang. Tetapi tata cara khusus senantiasa dibutuhkan apabila ingin mengenakan masker N95 secara berulang. “Seperti misalnya sehabis dipakai, dijemur di dasar cahaya matahari buat 3 hingga 4 hari, sehingga virus yang terdapat telah mati,” ucap ia.

Tetapi, Erlina menegaskan, masker tersebut cuma buat petugas kesehatan yang kontak langsung dengan penderita yang terinfeksi virus.

Setelah itu, makser full face respirator juga dapat melindungi manusia dari paparan virus lewat droplet. Namun masker tersebut cuma buat pekerja di industri yang rawan terhadap zat- zat beresiko. ” Face respirator ini buat para pekerja yang mempunyai resiko besar terpapar gas- gas yang beresiko. Ini umumnya dipakai di industri,” jelasnya.

Bagi Erlina Burhan, masker face respirator ini mempunyai dampak proteksi terhadap droplet, aerosol, serta airborne. Keahlian filtrasinya, lanjut Erlina, dapat mencapai 99 persen dengan partikel 0, 1 mikron. ” Tidak terdapat kebocoran. Bisa dipakai berulang tetapi pasti saja wajib dibersihkan dengan disinfektan secara benar,” tuturnya.

Penjelasan Fungsi Masker Opsi Terakhir

Kendati demikian, lanjut Erlina, masker kain tetap dapat dijadikan opsi buat menghindari penularan virus apabila terdapat kelangkaan masker bedah.

” Jika masker kain itu jadi opsi terakhir apabila tidak terdapat lagi masker hingga masker kain menjadikan opsi terakhir buat menghindari penularan virus ini,” kata Erlina.

Penjelasan Fungsi Masker Kain, Masker Bedah & Masker N95 Bagi Virus

Tetapi, Erlina menegaskan pengguna masker kain senantiasa wajib melindungi jarak satu sampai 2 m dengan orang lain.

Sebabnya, sebab masker kain cuma mempunyai keahlian filtrasi sebesar 10 hingga 60 persen partikel dengan dimensi 3 mikron.

Masker kain, bagi ia, pula tidak sanggup menahan partikel aerosol serta airborne.

Dengan Adanya Penjelasan Fungsi Masker, Jangan Panik

Erlina pula menegaskan warga buat tidak memborong masker secara kelewatan.

Karena, kata dia, masker cuma buat tenaga kedokteran, orang sakit, orang yang lagi melindungi orang sakit ataupun orang dalam kerumunan.

” Oleh karena itu aku memohon kepada warga jangan panic buying. Sebab masker ini dibutuhkan paling utama buat tenaga kesehatan serta orang- orang yang sakit,” ucapnya.

” Jadi jika orang sehat yang menborongnya, memanfaatkannya, hingga ketersediaan masker ini tidak terdapat lagi buat tenaga kesehatan ataupun orang yang sakit,” sambungnya.

Bagi Erlina, beresiko bila tenaga kesehatan serta orang sakit tidak dapat memperoleh masker.

Dia berkata, dapat saja penularan hendak terus terjadi bila orang sakit tidak memakai masker.

” Serta ini beresiko jika orang sakit tidak terdapat akses terhadap masker, hingga dapat jadi orang sakit ini bakal terus jadi sumber penularan buat kita semua,” ucap Erlina.

Nah anda tinggal sesuaikan pemakaian masker ini dengan situasi kondisi ya. Bagi yang tidak sakit cukup pakai masker kain saja karena masker bedah saat ini sednag diperlukan oleh para tenaga medis yang mnjadi garda terdepan melawan covid19.

Artikel Selanjutnya : Kereta Api Ekonomi Bogowonto Awal Mula, Rute Pemberhentian, Harga